Selasa, 10 Februari 2009

Mengoptimalkan penggunaan tombol Shift di Windows

. Selasa, 10 Februari 2009


Dalam Windows banyak yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan bantuan tombol Shift pada keyboard.

Tombol shift digunakan untuk mengetik simbol-simbol yang terdapat di atas tombol angka pada keyboard. Juga untuk melakukan perubahan huruf besar/kecil (toggle) secara sementara.

Namun tahukah ada banyak fungsi lainnya yang bisa dilakukan dengan tombol Shift? Penulis telah mengumpulkan beberapa tips menggunakan tombol Shift.

1. Navigasi ke awal atau akhir halaman

Dengan tombol Home dan End kita bisa berpindah ke awal dan akhir baris. Dengan kombinasi Shift+Home atau Shift+End, halaman akan berpindah ke bagian awal atau akhir.

2. Memilih (select) banyak file/teks

Di Windows Explorer digunakan untuk memilih banyak file, sedangkan di dalam dokumen (program pengolah kata) digunakan untuk memilih banyak teks. Pilih file pertama dengan klik biasa sebagai pilihan dimana awal pilih file, selanjutnya pilih file terakhir dengan Shift+Klik pada file/teks ke-dua untuk menentukan seleksi terakhir. Maka semua file di antara awal dan akhir akan ikut terpilih. Dengan cara yang berbeda kita bisa menggunakan Shift+tombol panah (atas, bawah, kiri, kanan) ke arah pilihan yang diinginkan.

3. Cut dan Paste

Gunakan Shift+Del untuk operasi Cut dan Shift+Ins untuk operasi Paste.

4. Memilih opsi sebelumnya

Saat mengisi form, untuk berpindah ke field/kolom berikutnya kita bisa menggunakan tombol Tab, sedangkan untuk berpindah ke field/kolom sebelumnya kita bisa menggunakan tombol Shift+Tab.

Begitu juga dengan Alt+Tab (Windows XP) / Win+Tab (Windows Vista) (alt masih terus ditekan) tekan Tab lagi untuk memilih aplikasi berikutnya yang sedang terbuka, menggunakan Alt+Shift+Tab/Win+Shift+Tab akan memilih aplikasi yang sedang terbuka dalam pergerakan terbalik.

5. Membuka menu untuk item yang dipilih

Gunakan kombinasi Shift+F10 setelah memilih item tertentu. Maka akan terbuka menu untuk item tersebut. Cara ini berfungsi sama seperti klik-kanan pada item terpilih (mouse). Fungsi Shift+F10 ini telah digantikan dengan tombol menu pada keyboard. Jadi dapat dimanfaatkan dalam kondisi tertentu misalnya saat tidak ada mouse, keyboard 110-Keys gunakan tombol ini sebagai alternatif klik-kanan.

6. Memaksa Explorer menampilkan menu “Pin to Start menu” (Windows XP)

Di dalam Windows Explorer, saat klik-kanan pada suatu file tipe. Akan terdapat beberpa pilihan operasi terhadap file tersebut.

Misalnya jika di klik-kanan pada sebuah file .txt, akan ada menu “Open With” dan sebagainya. Namun ada beberapa menu yang hanya akan ditampilkan jika sambil menekan tombol Shift+klikkanan. Misalnya menu “Pin to Start menu”.

7. Menghindari Autorun (CD/DVD/UFD otomatis dimainkan)

Jika sebuah CD dimasukkan atau flashdisk ditancapkan pada komputer, jika terdapat kode Autorun, maka otomatis Windows akan menjalankan perintah Autorun. Misalnya jika sebuah CD Game dimasukkan, maka Windows otomatis akan membuka instalasi Game. Dengan menahan tombol Shift saat memasukkan CD maka Windows tidak akan menjalankan Autorun.

Hal ini juga berlaku saat startup Windows itu sendiri, sebelum Windows menampilkan desktop kita bisa menekan dan menahan tombol Shift sampai semua proses loading driver selesai. Dengan cara ini aplikasi yang ada pada menu “Startup” tidak akan dijalankan.

8. No to All (Windows XP)

Di dalam Windows Explorer, Saat melakukan operasi Copy / Move banyak file ke suatu folder tertentu, jika nama file yang sedang dicopy/move sama dengan nama file yang ada di folder tujuan. Explorer akan menampilkan peringatan “Confirm file replace”, yang memerlukan konfirmasi dari pengguna. Terdapat pilihan Yes, Yes to All, No, Cancel. Jika file tidak ingin ditimpa, pengguna harus menekan tombol No. Jika ada file yang sama namanya lagi maka peringatan “Confirm file replace” akan muncul lagi, lagi, dan lagi.

Jika terdapat puluhan/ratusan file yang semuanya tidak ingin ditimpa tentu hal ini cukup menambah pekerjaan. Saat inilah trik Shift diperlukan. Tahan tombol Shift sambil klik No. Trik ini membuat agar perintah ini berfungsi seperti “No to All”.

9. Menghapus file tanpa masuk Recycle Bin

File yang kita hapus sebenarnya tidak benar-benar terhapus dari harddisk. File ini akan ditampung terlebih dahulu ke dalam folder Recycle Bin. Gunanya jika terjadi kecelakaan secara tidak sengaja menghapus file, maka file masih dapat dikembalikan (recover).

Jika kita benar-benar ingin filenya langsung dihapus dari harddisk dan kita yakin suatu saat tidak ingin mengembalikan file ini, maka kita bisa menahan tombol Shift sambil menekan tombol delete pada menu atau menekan kombinasi Shift+Delete dari keyboard. Dengan cara ini file tidak akan ditampung ke dalam Recycle Bin, melainkan langsung dihapus seketika dari harddisk.

Hati-hati menggunakan cara ini karena jika terjadi kesalahan maka satu-satunya cara untuk mengembalikan file adalah dengan menggunakan bantuan recovery tool seperti Undelete.

10. Membuka banyak program pada Start menu

Pernahkan anda berniat membuka beberapa program sekaligus. Misalnya Notepad dan Calculator. Dengan cara yang umum kita akan membuka menu start > All Programs > Accessories > Calculator. Lalu membuka start menu > All Programs > Accessories > Notepad.

Ada cara yang lebih cepat, yaitu membuka menu start > All Programs > Accessories, tahan Shift, klik pada Calculator terlebih dahulu lalu klik pada Notepad. Dengan menahan tombol Shift, menu yang terbuka tidak langsung ditutup oleh Windows, jadi kita masih bisa membuka program lainnya.

11. Memaksa memindahkan file dengan SendTo

Dengan perintah SendTo -> tujuan. Maka file yang terpilih akan dicopy ke tujuan, misalnya ke flashdisk, dsb. Dengan menahan tombol Shift saat mengklik tujuan maka file akan dipindah (move).

12. Mengakses Accessibility Options

StickyKeys adalah fitur untuk mempermudah pengguna yang kesulitan untuk menekan lebih dari 1 tombol secara bersamaan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol Shift sebanyak 5 kali.

Filterkeys adalah fitur untuk membantu pengguna yang sering tidak sengaja menekan sebuah tombol yang sama berulang-ulang. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menahan tombol Shift kanan pada keyboard selama 8 detik.

Jika anda memiliki tips lain menggunakan tombol Shift, silakan bergabung untuk menanggapi tulisan ini.

Di kutip dari : www.okecoy.com

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com